Thursday, September 02, 2010

belajar dari anak-anak

Sebagai orang jawa, aku dibesarkan dengan konsep orang tua sebagai sumber segalanya. bahkan ada istilah "ora ana kebo nyusu gudel" atau tidak ada "Kerbau yang menetek dari anaknya". tapi seiring bertambah tuanya aku, seiring tumbuhnya anak-anakku, aku pikir orang tua dan anak saling belajar dari masing-masing. aku belajar banyak dari anak-anakku bagaimana caranya menikmati hidup tanpa prasangka, bergembira setiap saat disela tangisannya. anak-anak bisa meniadakan dendam dan mudah sekali memaafkan sementara banyak orang yang beranjak dewasa menyimpan bara di dadanya.

dari anak-anak, aku belajar bagaimana mengatasi rasa takut dan menjadikannya satu kekuatan untuk menjadi pribadi lebih baik dan dewasa. dari anak-anak, aku belajar bagaimana memanfaatkan kesalahan sebagai titian menuju perbaikan. dari anak-anak, aku belajar bagaimana menjadi malu karena sebenar-benarnya kita tidak pernah bisa menyembunyikan satu kesalahanpun.

membaca cerita, berenang, naik skuter, in line skate, dan banyak lagi ajaran anak-anak...
tanpanya, aku tak pernah bisa belajar menjadi lebih dewasa, dan paling utama, tanpa mamanya...aku bukan siapa-siapa...

p.s: salam hormat untuk semua istri dan anak-anak di seluruh dunia....terimakasih telah menjadikan semua lelaki, lelaki sejati....

No comments: